Beranda » United States of Indonesia

United States of Indonesia



berjudul ‘Negara Bali, Indonesia di Sebelah Mana ?’, tulisan Finaisme. Biang keladinya website Rough Guide, sebuah perusahaan penerbitan dan referensi perjalanan wisata yang berkantor di London, pada website-nya memasukkan Bali sebagai salah satu country dalam country list bersama Argentina, Malaysia, Singapore, Thailand dsb. Lebih jauh Rough Guide pada penjelasannya tentang Bali menyebut Indonesia merdeka tahun 1949.

. Dalam email protes saya selain mempersoalkan kenapa mereka memasukkan Bali dan bukannya Indonesia dalam country list, saya juga mempertanyakan kenapa Rough Guide menulis Indonesia merdeka tahun 1949, seharusnya tahun 1945. Saya juga melayangkan email ke situs Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, memberitahukan agar kementerian menghubungi Rough Guide.


Rough Guide dalam email balasannya menyatakan bahwa memasukan Bali dalam country list adalah kesalahan programming, mereka minta maaf dan akan meralat segera. Mengenai tahun kemerdekaan Indonesia ditulis 1949, alasannya berdasarkan bergabungnya Bali dengan Republik Indonesia Serikat (Rough Guide menulis : United States of Indonesia), ketika Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 29 Desember 1949, padahal mereka juga tahu bahwa Indonesia merdeka tahun 1945.

Rupanya Rough Guide merujuk sejarah yang dibuat Belanda. Saya pikir biar Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (sekarang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) saja yang menjelaskan pada Rough Guide.


Berikut ini email balasan dari Rough Guide dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata :


Dear Hendi,I do hope that clears up the confusion and thank you once again for taking the time to bring the programming error to our attention.Holly

Thanks for your email regarding the Bali listing on the Rough Guides website. Bali was mistakenly included in the country list due to a programming error. We are sorry for any offence or confusion caused, we are working to rectify this as soon as possible.


With regards to the 1949 date, this refers to the date that Bali was included in the United States of Indonesia, when the Netherlands recognised Indonesian independence on 29 December 1949 - not the date of Indonesian Independence.


Best wishes,





Holly Dudley

Web Editor
www.roughguides.com

Dari:



Kepada:


setiawan.hendi


We’ve received your e-mail and will respond within the next 3×24 hours (work days).

Sincerely yours

BUDPAR

Hendi Setiawan