Beranda » Teknologi Kian 'Perbudak' Bumi

Teknologi Kian 'Perbudak' Bumi



Headline
Antropolog Kanada Felix Pharand membuat diagram dari data kabel, pesawat dan jalan yang ada di Bumi. Hasilnya, secara mengejutkan teknologi telah mengkolonisasi Bumi.

Memanfaatkan PC rumahan, Pharand memasukkan data dari badan seperti Geospatial Intelligence Agency dan Atmospheric Administration guna menciptakan ilustrasi akurat cara manusia ‘mendomestikasi’ Bumi.

Menurut Pharand, 3% permukaan Bumi atau seukuran India berada di bawah aspal. Awal pekan ini seperti dikutip DM, Dana Populasi PBB mengungkap, pada 31 Oktober, Bumi akan mendapat tambahan penduduk sebanyak satu triliun orang.

“Gambar ini menunjukkan kegiatan manusia secara global, mulai dari jalan, poluasi cahaya, jalur kereta, dan jalur listrik. Selain itu, gambar ini menunjukkan pola pengaruh manusia secara global di Bumi,” katanya.

Menurutnya, dunia pada abad 21 ini merupakan hasil efek yang disebut Great Acceleration atau transformasi cepat hubungan manusia dengan dunia alami dalam sejarah. Menurutnya, pada akhir abad 21, populasi dunia bisa mencapai lebih dari 15,8 miliar orang.