Beranda » St.Kosmas & St Damianus

St.Kosmas & St Damianus







Hari ini adalah hari peringatan bagi dua orang saudara kembar dari Siria yang menjadi dokter pada masanya pada abad keempat. Mereka merupakan siswa yang sangat terkenal dalam bidang ilmu pengetahuan pada masanya. Kosmas dan Damianus adalah dokter yang sangat religius dan memandang setiap pasien sebagai saudara dalam Kristus. Karena itu mereka memberikan perhatian besar kepada semua pasien dan melakukan yang terbaik dengan segenap kemampuan mereka.

Betapapun banyaknya perhatian yang mereka harus curahkan terhadap pasien, baik Kosmas maupun Damianus tidak pernah menerima uang sebagai imbalan pelayanan mereka. Sebab itu, mereka diberi julukan dalam bahasa Yunani yang artinya ” tanpa uang sepeserpun.” Setiap ada kesempatan, kedua orang kudus ini akan bercerita kepada para pasiennya tentang Yesus Kristus. Orang banyak menyukai kedua dokter kembar ini, karenanya mereka selalu mendengarkan. Kosmas dan Damianus sering memulihkan kesehatan baik jiwa maupun raga.

Ketika penganiayaan oleh Kaisar Diocletian terhadap umat Kristiani dimulai di kota mereka, kedua dokter ini segera ditangkap. Tak pernah sekalipun mereka menyembunyikan cinta mereka yang begitu besar kepada Kristiani. Mereka disiksa dan dianiaya, tetapi hal itu tidak dapat memaksa mereka untuk mengingkari iman mereka. Pada akhirnya, mereka berdua dijatuhi hukuman mati pada tahun 303 Masehi.



Sementara kita mengenang kedua dokter ini, kiranya pada hari ini kita tergerak untuk berdoa bagi segenap pekerja kesehatan , agar mereka mengikuti teladan Kosmas dan Damianus dalam merawat kesetahan baik jiwa maupn raga sesama.

Darman Nababan