Beranda » Puing-puing Tsunami Jepang Ditemukan Hingga 3 Ribu Kilometer

Puing-puing Tsunami Jepang Ditemukan Hingga 3 Ribu Kilometer



Puing-puing Tsunami Jepang Ditemukan Hingga 3 Ribu Kilometer
STS Pallada, sebuah kapal latih milik Rusia menemukan puing-puing akibat gempa dan tsunami Jepang yang terjadi pada Maret 2011 lalu. Puing-puing tersebut hanyut di Samudra Pasifik, ribuan kilometer jauhnya dari pusat bencana.

Dalam perjalanan pulang dari Honolulu ke Vladivostok, para awak kapal menemukan sebuah kapal ikan sepanjang 6 meter tersapu gelombang hingga 3.100 kilometer dari lepas pantai Jepang. Kapal ikan tersebut diangkat naik ke STS Pallada untuk dibawa ke Jepang dan dicari siapa pemiliknya.

“Kami juga menemukan seperangkat pesawat televisi, kulkas, dan beberapa peralatan rumah tangga lain,” kata awak kapal tersebut. “Selain itu ada juga benda-benda seperti papan kayu, botol plastik, pelampung dari jaring ikan, dan objek menyerupai baskom, drum, sepatu bot, dan limbah lain,” ucapnya.

Gempa dengan magnitude 9.0 dan menghadirkan tsunami di Jepang itu telah menewaskan 20 ribu orang dan merusak sistem pendinginan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Kerusakan ini memicu bencana nuklir terburuk sejak bencana Chernobyl 25 tahun lalu.

Menurut Nikolai Maximenko, peneliti senior dari Pacific Research Center, University of Hawaii, diperkirakan puing-puing tsunami dari Jepang akan tersapu sampai kawasan kepulauan barat laut Hawaii dalam waktu satu tahun dan mencapai pesisir barat Amerika Serikat dalam 3 tahun ke depan.
( PhysOrg, AFP)