Beranda » Manusia Kanibal Zaman Purba Sudah Kenal Catering

Manusia Kanibal Zaman Purba Sudah Kenal Catering



Tulang-tulang_di_gua_Gran_Dolina--USAManusia gua di jaman purba memang terkenal kanibal. Tapi, untuk masalah makanan, mereka ternyata punya toleransi yang tinggi antar sesama. Di zaman tersebut bahkan sudah ada sistem membagi makanan layaknya catering di jaman sekarang.

Hal tersebut terungkap dalam Journal of Human Evolution, Selasa (6/9), hasil penelitian dari tim yang dipimpin oleh Palmira Saladié dari Institut Català de Paleoecologia Humana i Evolució Sosial di Tarragona, Spanyol. Dalam penelitian yang dilakukan di gua Gran Dolina, Spanyol, yang diyakini sebagai tempat tinggal Homo antecessor, spesies manusia awal, 780 ribu tahun yang lalu tersebut, dilaporkan setidaknya mereka (manusia gua) ternyata cukup peduli untuk berbagi makanan antarmereka.

Dari hasil studi, dengan melihat tulang-belulang yang ditemukan di dalam gua, terlihat mengenai jenis makanan (daging) apa yang dimakan oleh Homo antecessor, dan pendistribusian makanan tersebut oleh mereka.

Sebagian besar, dari daging yang dimakan mereka yaitu daging rusa, sebanyak 272 dipotong dengan tulang. Dan dari ukuran hewan yang disembelih dalam gua, hasil penelitian menyimpulkan, manusia purba ternyata terlihat berjalan kaki kembali ke markas untuk membagi makanan mereka.

"Mereka mengangkut bangkai (daging) ke markas dan menunda untuk mengkonsumsinya, setidaknya hal itu mengisyaratkan bahwa para pemburu membagi bersama daging-daging ini dengan anggota lain dari kelompok mereka," demikian tulis studi tersebut.

"Jadi, setidaknya mereka bukanlah kanibal yang egois. Ketika mereka tidak makan satu sama lain, manusia purba ternyata berbagi makanan dengan sesama penghuni gua setelah acara berburu tim," lanjut laporan tersebut.

Dari semua penelitian tersebut, para penulis menyimpulkan, beberapa individu memang berpartisipasi dalam berburu dan atau saat membawa daging hasil buruan, namun mengenai jumlah pesertanya adalah masalah yang kompleks. "Tapi dari keseluruhan terlihat jelas bahwa, di jaman itu sudah ada tanda yang jelas kalau mereka telah berkerjasama secara sosial dalam berbagi dan pembagian tugas untuk menjamin kelangsungan hidup kelompok," simpul mereka.