Beranda » Kuburan Bangsa Viking Ditemukan Utuh

Kuburan Bangsa Viking Ditemukan Utuh



Kuburan itu berbentuk perahu. Usianya diperkirakan mencapai 1.000 tahun

Kuburan Bangsa Viking (kentucky.com
Para peneliti untuk pertama kalinya menemukan perahu yang digunakan untuk mengubur oleh bangsa Viking secara utuh. Benda yang diperkirakan berusia 1.000 tahun itu ditemukan di Skotlandia.

Situs penemuan itu terletak di the Scottish Highlands, di daerah terpencil di sebelah barat semenannjung Ardnamurchan. Dalam kuburan yang diduga berusia 1.000 tahun itu, ditemukan orang Viking yang dimakamkan di dalamnya. Selain itu, juga ditemukan kapak, pedang, dan tombak.

Para ahli dari Inggris yang melakukan investigasi di situs tersebut mengatakan bahwa perahu dengan sekitar 200 paku telah selesai digali. Seorang arkeolog, Helena Gray, menggambarkan penemuan itu hanya sekali seumur hidup. "Kita telah meneliti area ini sejak 2006 dan hampir seluruh kerja kami dikonsentrasikan di tempat yang berbeda," kata dia.

"Kami hanya menemukan sebagian kecil, gundukan tanah yang kecil dan kemudian memutuskan untuk melakukan investigasi. Kami tidak berfikir sedikit pun bahwa penelitian ini menemukan sesuatu yang penting."

Berdasarkan beberapa penemuan, sebuah perisai dan cincin perunggu juga dikubur bersama bangsa Viking.

Pimpinan proyek, Hannah Cobb mengatakan, "Meskipun kami telah menggali banyak artefak yang penting selama bertahun-tahun, saya fikir ini penemuan yang memenuhi harapan kami."

"Kuburan berbentuk perahu bangsa Viking merupakan penemuan luar biasa. Namun, disamping itu semua artefak ini menjadi penemuan kuburan yang paling penting di Britania."

Salah satu pimpinan proyek, Oliver Harris mengatakan, pencarian bangsa Viking bukan satu-satunya yang dilakukan oleh para arkeolog ini. Tapi, mereka juga mempelajari perubahan sosial dari penduduk paling awal hingga abad ke-18 dan ke-19.