Beranda » Intip Balik Tembok Tak Sesusah Memanjatnya

Intip Balik Tembok Tak Sesusah Memanjatnya



Headline
Ilmuwan Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil membuat teknologi baru. Teknologi ini membuat Anda mampu melihat apa pun di balik tembok dengan mudah.

Ilmuwan ini berhasil menciptakan teknologi radar baru yang mampu melihat menembus tembok keras dan mengembalikannya dalam bentuk gambar langsung mengenai apa yang sedang terjadi di baliknya.

Sulit sekali membuat radar yang mampu menembus dinding untuk menunjukkan apa yang terjadi di baliknya. Namun para peneliti di Lincoln Lab MIT mengatakan, sistem ini mampu melihat menembus tembok di jarak tertentu dan memberi gambaran sesaat aktivitas di baliknya.

Teknik ini memiliki implikasi kuat untuk operasi militer, terutama ‘situasi tempur perkotaan,’ papar pemimpin proyek Gregory Charvat. Para peneliti menguji sistem antena tersusun mereka, 13 antena memancarkan transmisi dan delapan elemen penerima pada dinding beton setebal 8 inci.

Tujuan utama dan hambatan terbesar penelitian ini adalah, mencapai kecepatan, resolusi dan jangkauan yang diperlukan untuk agar berguna di kondisi sebenarnya, kata Charvat.

“Jika berada di situasi pertempuran berisiko tinggi, Anda tak ingin harus berdiri tepat di samping bangunan yang berpotensi berbahaya,” katanya.

Sistem ini bisa digunakan dari jarak 16 meter dari dinding dan gambar akan dikirim kembali dalam 10 frame per detik, ungkap Charvat seperti dikutip UPI.