Beranda » Ilmuwan Berhasil Bikin 'Karpet Terbang'

Ilmuwan Berhasil Bikin 'Karpet Terbang'



Headline
Para peneleti berhasil membuat ‘karpet terbang’ di sebuah laboratorium di Amerika Serikat (AS). Kini, manusia bisa terbang ala Aladdin. Seperti apa?

Para ilmuwan ini telah membuat miniatur karpet tersebut yang terbuat dari plastik konduktif fleksibel. Dalam hasil studi Princeton University yang diterbitkan di Applied Pgysics Letters, protorip karpet 4 inci ini mampu bergerak dengan kecepatan setengah inci per detik.

Menurut peneliti, perbaruan rancangan yang didorong gelombang arus listrik kantung tipis udara dari depan hingga belakang bagian bawah mampu meningkatkan kecepatan kecepatan karpet ini hingga 1 meter per detik.

“Kesulitan terletak pada kendali ketepatan gerak karpet yang bisa rusak pada frekuensi tinggi,” papar kepala peneliti James Sturm. Di sisi lain, kata ‘terbang’ pada karpet ini masih masuk tanda petik karena perangkat ini cenderung melayang dibanding terbang seperti pesawat.

“Perangkat ini masih harus dekat permukaan tanah karena udara akan diperangkat antara karpet dan permukaan tanah. Saat udara bergerak bersamaan karpet, pada dasarnya udara dipompa kembali,” tutup mahasiswa Noah Jafferis yang menciptakan perangkat ini.

Berikut videonya seperti dimuat BBC.