Beranda » Berperang dengan Orang Jawa

Berperang dengan Orang Jawa



Sangat keliru buku sejarah yang saya baca dan film-film perang yang saya tonton dengan data penelitian lapangan yang saya lakukan selama ini. Tidak benar peperangan hanya antara masyarakat Pribumi dengan penjajah Belanda ketika itu..

Nama-nama kuburan tentara Belanda yang mati di Aceh bukan bernama Van, Den, Puten dll. Tapi nama-nama tentara Belanda itu adalah berakhiran O, N dll…

Setiap seratus orang tentara Belanda di Sumatera waktu Paderi, terdapat dua ratus tentara Orang Jawa. Sejarah juga mulai menipulasi Sentot Ali Basya sebagai pahlawan dengan berbagai macamnya, bahkan ada usulan mengangkat dirinya jadi pahlawan..

Disetiap sepuluh kaki benteng Belanda di Makasar, terdapat seorang tentara Belanda yang berasal dari Jawa.

Di awal kemerdekaan rakyat di daerah juga berperang dengan tentara dari Jawa seperti yang berlaku di PRRI, Permesta, Dewan Banteng, Dewan Gajah, Ahmad Husein di Sumbar Ibn Hadjar di Kalimantan, Daud Barueuh di Aceh, Kahar Muzakkar di Sulawesi dll.

Ini perang dengan orang Belanda kah atau dengan orang Jawa??? Tentara Belandakah yang paling banyak atau tentara Jawa. Apalagi Sentot Ali Basya katanya mau menguasai Sumatera kalau Belanda jatuh??

Tentu saja saya tidak memberikan data yang lengkap disini agar ada masukan diskusi bagi mereka yang memiliki data tentangnya. Terima Kasih

.Raja Haji