Beranda » Akhlak Nabi

Akhlak Nabi



Dalam ribuan hadits yang terkumpul, akan kita dapati bagaimana perilaku beliau, bagaimana perilaku beliau di rumah tangga, bagaimana perilaku beliau selaku pemimpin umat, bagaimana sikap beliau terhadap tamu, tetangga, non-Muslim, orang tua, anak muda, anak-anak yatim, fakir miskin dan yang lain-lainnya.

Dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 128 disebutkan:

Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

Beberapa keutamaan sifat dari Rasulullah Saw. disebutkan dalam ayat di atas mulai dari penuh belas kasih, penyayang dan peduli kepada umat, bahkan sampai di akhir hayatnya beliau tetap mengingat-ngingat umatnya.

Sifat terpuji lainnya yang mencerminkan kemuliaan akhlak beliau adalah tidak pernah membeda-bedakan orang, beliau memandang sama kepada setiap orang, tidak mempedulikan harta, turunan, pangkat atau warna kulit.

Coba tengok 4 sahabat beliau yang bervariasi:

- Bilal bin Rabah ra., seorang budak h

itam kelam

- Salman Al-Farisy, seorang Persia

- Abdurrahman bin Auf, seorang saudagar kaya raya

- Mush’ab bin Umair, seorang bangsawan Quraisy

4 Sahabat di atas datang dari latar belakang yang berbeda, namun keempatnya memeluk agama Islam karena melihat kebenaran ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah Saw. serta keluhuran akhlak yang ditunjukkan oleh pembawanya.

Semoga bermanfaat bagi kita semua

Gus Jhon