Beranda » Ahli Bikin Sumber Listrik Nirkabel Menakjubkan

Ahli Bikin Sumber Listrik Nirkabel Menakjubkan



Headline
Peneliti Amerika Serikat (AS) berhasil membuat solusi baru memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan listrik tanpa adanya kabel. Bagaimana?

Peneliti berhasil membuat ‘daun’ buatan dari silikon yang mampu menggunakan cahaya matahari guna memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen untuk memberi ‘makan’ sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik.

“Teteskan pada gelas, keluar dan taruh di bawah matahari, gelembung hidrogen dan oksigen akan mulai muncul,” ujar profesor Daniel Nocera dari MIT yang menciptakan alat ini.

Daun ini dapat memecahkan tantangan yang ada dalam tenaga surya, yakni cara menyimpan energi yang dihasilkan matahari agar bisa digunakan saat hari berawan.

Menggantikan mengisi ulang baterai, energi bisa disimpan sebagai gas oksigen dan hidrogen yang kemudian dipadukan dalam sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik.

Selanjutnya, meningkatkan teknologi ini untuk menghasilkan cukup hidrogen dan oksigen untuk sel bahan bakar yang memberi listrik pada mobil atau rumah.

“Saya suka teknologi ini karena kesederhanaannya. Saya tak buruh kabel atau semacamnya. Itulah yang dilakukan daun, daun mengambil cahaya matahari dan membuat arus nirkabel seperti yang terjadi pada teknologi ini,” tutupnya seperti dilaporkan UPI.