Beranda » 25 Tahun Lagi, Asteroid Raksasa Akan Hantam Bumi

25 Tahun Lagi, Asteroid Raksasa Akan Hantam Bumi



Headline

Para ahli astronomi mengatakan bahwa dalam kurun waktu 25 tahun lagi, kemungkinan sebuah asteroid raksasa akan menghantam Bumi.

Seperti yang dikutip dari RedOrbit, Alex Hannaford dari The Telegraph mengatakan bahwa sebuah asteroid raksasa seberat 20 juta ton bernama Apophis akan menghantam Bumi dengan kecepatan 23 ribu mil per jam, untuk kurun waktu 25 tahun ke depan.
Alex mengatakan bahwa asteroid Apophis yang memiliki lebar lebih dari 800 kaki itu komposisinya terdiri dari batu, es dan debu. Selain itu, asteroid ini juga memiliki julukan sebagai 'pembunuh benua'.
"Ada dua kemungkinan; pertama, Apophis akan terbang melintasi Bumi untuk pertama dan terakhir kalinya pada April 2029. Kedua, objek itu mungkin akan membentur Bumi karena tertarik daya gravitasinya," ungkap Alex.
Sementara dari pihak Jet Propulsion Laboratory, NASA, mengatakan bahwa prediksi tersebut masih terlalu jauh.
"Kami belum tahu kemana persisnya asteroid Apophis akan mengarah. Namun kami akan segera menelitinya, mungkin pada tahun 2012 atau 2013," ujar Paul Chodas dari Near Earth Object (NEO).
"Begitu radar kami sudah melacaknya, maka segera akan diketahui orbitnya mengarah ke mana. Sampai saat ini kemungkinannya masih sebesar empat dari jutaan," tambahnya.