Beranda » 2035, Afrika Selatan Kehabisan Air

2035, Afrika Selatan Kehabisan Air



Kebutuhan akan air di salah satu provinsi Afrika Selatan diperkirakan akan melampaui pasokan maksimum pada tahun 2035 mendatang. Prediksi ini diungkapkan oleh Nandi Mayathula-Khoza, pada acara Gauteng MEC for Agriculture and Rural Development. “Permintaan akan air tampaknya akan naik sekitar 32 persen selama 25 tahun ke depan,” ucapnya.

Artinya, pada tahun 2035, permintaan atas air bersih akan melampaui jumlah air bersih yang bisa dipasok hingga 17 persen. Apalagi, menurut data pertumbuhan penduduk, populasi di kawasan Gauteng, provinsi paling kecil di Afrika Selatan, akan bertambah dari 10,5 juta jiwa pada 2009 menjadi 28 juta jiwa di tahun 2055 mendatang.

Melihat tren seperti ini, Mayathula-Khoza menyebutkan, mereka tidak akan memiliki jumlah persediaan makanan dan air bersih yang cukup untuk mendukung kelangsungan hidup populasi yang tumbuh pesat tersebut.

Menurut Mayathula-Khoza, pemerintah provinsi Gauteng sendiri telah berkomitmen untuk mengeksplorasi penggunaan bio teknologi untuk memproduksi makanan dan menciptakan lapangan kerja. Dan strategi yang diluncurkan pada tahun 2008 lalu itu sudah berjalan.

Meski ada kemajuan dari sisi teknologi yang ramah lingkungan, namun ancaman lain dating dari iklim ekonomi dan politik yang akan menentukan apakah langkah-langkah berkesinambungan akan diterapkan di sana.

Gawat nie bisa mati semua donk
News 24, Engineering News